Bulan: September 2023

Perkembangan TouchScreen Berdasarkan Zaman

Perkembangan TouchScreen Berdasarkan Zaman – Teknologi dalam slot gacor hal telekomunikasi semakin meningkat. Apabila dulu ponsel kita mempunyai tombol tombol yang harus ditekan, saat ini sudah tergantikan oleh layar sentuh atau touchscreen. Layar sentuh yang biasa kita temukan pada perangkat handphone atau smartphone, tablet, atau laptop pada zaman sekarang tidak seperti teknologi layar sentuh pada zaman dulu. Para sejarahwan sudah sepakat jika penemuan pertama kali pada teknologi layr sentuh adalah EA, Johnson di Royal Radar Estabilisment, Malvern, Inggris, sekitar tahun 1965 – 1967 E.A. Johnson meluncurkan deskripsi utuh dari teknologi layar sentuh yang diharuskan ke kendali lalu lintas udara di artikel yang diterbitkan sejak tahun 1968.

Pertama sejarah teknologi layar sentuh mulai dari synthesizer yang senstif pada sentuhan. Menurut canada sains dan teknologi Museum, Electronic Sackbut yang dibuat oleh Hugh Le Caine dianggap sebagai musik Synsthesizer musik pertama yang dibuat. Cara untuk memainkan alat musik ini adalah dengan memainkan keyboard yang ada ditangan kanan sedangkan tangan kiri bergunan untuk papan pengendali yang letaknya di atas keyboard sebelah kiri. Teknologi layar sentuh lalu mulai meningkat sejak tahun 60 an. Teknologi ini dipakai oleh University of Illinois untuk menciptakan Plato IV Touch Screen. Alat ini adalah bagian sistem komputer pendidikan di kampus ini. Perangkat ini mempunyai panel sentu infra merah yang kemungkinan siswa bisa menjawab soal perintah dengan cara menyentuh layar.

Sejak tahun 1984, Casio memperkenalkan produk baruya dengan teknologi layar sentuh adalah Casio AT 550 Watch. Jam tangan ini mempunyai fitur kalkulator yang memakai layar sentuh untuk memasukan angkanya. Pengguna bisa mengganti jam digital itu menjadi kalkulator hanya dengan menekan tombol dibagian kiri, kemudian memakai jari untuk menggambar masing masing angka dan pengoprasian matematika.

Sejak tahun 1987, Apple juga mulai memperkenalkan rtp produknya yang dinamakan Apple Desktop Bus. Perangkat yang dikenal dengan nama ADB ini adalah sistem pertama yang kemungkinan seseorang untuk terhubung ke dua Panduan perangkat yang sama terhubung ke perangkat tersebut.

BACA JUGA : Sejarah Peningkatan Lift Berdasarkan Zaman

Sejarah Peningkatan Lift Berdasarkan Zaman

Sejarah Peningkatan Lift Berdasarkan Zaman – Hampir setiap tempat wisata urban, wisatawan dapat menjumpai lift. Ini dia sejarah peningkatan lift dari zaman ke zaman. Lift penumpang pertama dipasang sejak tahun 1857. Lokasinya ada digedung Haughwount Departemen Store New York, Amerika Serikat. Sesudah 3 tahun pengguna lalu ditutup sebab pelanggan menolak untuk memakainya. Didukung oleh mesin uap di ruang bawah tanah dari gedung berlantai 5, lift itu cuma melaju 12 meter/menit.

Pada saat itu, lift lebih merupakan daya tarik wisata dari pada alat transportasi. Kota kota dunia belum mempunyai gedung tinggi dan lantai bawah tanah merupakan yang sangat diinginkan sebab tidak mengharuskan naik banyak tangga. Duli smeakin tinggi lantainya, semakin rendah sewanya. Namun keberadaan lift mengubah itu semua dan mengantar pada era gedung pencakar langit yang mengubah lanskap arsitektur kota modern.

Sejarah peningkatan lift sejak tahun 1850, lift bukanlah barang baru, namun perangkat pengangkat mekanis sudah ada sejak awal 1800 an. Namun transisi dari pengangkut barang terjadi pada akhir 1850. Pastinya Lee Gray, seorang profesor sejarah arsitektur di UNC Charlotte. Lift merupakan transformasi teknologi. Sejak awal, pengangkut barang itu tidak mempunyai mesin dan ada di ruang terbuka yang pastinya sangat berbahaya. Lalu munculah fokus keselamatan oleh industrialis Elisha Otis yang memasang lift penumpang pertama di New York yang mengadakan demostrasi publik dipameran dunia 1854 di New York dimana sudah diangkat tinggi lalu momotong kabelnya dengan alat tajam. Katanya saat alat pengamannya menghentikan lift yang akan terjatuh. Itu merupakan sistem yang unggul, sebab apabila pengikatnya atau talinya putus, ratchet atau roda bergerigi sebagai pengunci akan terbuka dan menghentikan dan menangkap lift.

Acara ini selalu digemari sebagai titik balk dalam sejarah lift. Relavansinya merupakan perusahaan Elevator Otis menjadi produsen lift terbesar hingga saat ini. Paten pertama untuk lift diajukan sejak tahun 1859 oleh Otis Tufts yang memulai pemasangan lift sejak tahun yang sama di dalam fifth Avenue Hotel New York. Disisilain Elisha Otis tidak mempunyai apa apa selain platform yang dipatenkan sejak tahun 1861. Tapi yang terpenting ialah rem keselamatannya dan menjadi standar kemudian hari dalam sejarah peningkan lift. Lift yang laku sebab harganya mahal. Namun diantaranya sukses sebagai barang mewah di hotel New York, London Paris.

Pengertian Fungsi Floopy Disk dan Sejarahnya

Pengertian Fungsi Floopy Disk dan Sejarahnya – Mungkin user di indonesia sudah hampir tidak memerlukan perangkat keras ini, sebab dengan kemajuan teknologi sekarang pengguna sudah beralih pada perangkat baru ialah Flashdisk, HDD External dan CD sebagai alat untuk menyimpan file/data.

Pengertian Floopy Disk

Floopy Disk adalah salah satu sebgaian perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat pembaca disket atau floppy disk, dimana pada dasarnya floopy drive ini mempunyai fungsi utama yang sama dengan perangkat CD/DVD Rom. Namun untuk saat ini Floopy Drive sudah sangat jarang sekali penggunanya. Floppy disk merupakan sebuah perangkat penyimpanan file atau data portable yang jaya sejak era tahun 1990. Floppy Disk pernah terkenal sebab bisa menampung file dari komputer ke komputer lain. Seiring dengan peningkatan zaman Floppy Disk perlahan digeser dan peningkatan pesat ke teknologi yang sangat maju. Dengan kata lain Floppy Disk adalah alat bantu untuk penggunan komputer atau menyimpan file yang sangat penting. Dimana era jaya perangkat keras ini adalah suatu komponen yang dapat dikatakan harus ada pada setiap komputer. Dimana pada waktu itu para pengguna komputer masih memakai Floppy Disk sebagai tempat menyimpan data atau besar sebab pada masa itu perangkat keras seperti flashdisk dan CD tercipta.

Fungsi Floopy Disk

Seperti yang sudah dijelaskan Floppy disk ini memiliki persamaan dengan perangkat keras CD/DVD Rom, ialah sebagai media pembaca sebuah perangkat penyimpanan data yang dibuat dalam bentuk disk. Namun media yang dipakai untuk menyimpan adalah Floppy Disk. Fungsi Floppy Disk merupakan untuk menyimpan data dengan memori limit yang cuma mencapai 1.44 Mb saja. Data yang disimpan juga dapat diakses ke komputer lain yang memiliki tujuan untuk mengangut data di dalam Floopy Disk lalu bisa diakses isinya.

Sejarah Floppy Disk

Floppy Disk pertama didirikan oleh IBM sejak tahubn 1967 dan memiliki size 8 Inch. Lalu dikembangkan menjadi 5.25 Inch. Sebab sifat kemasan yang fleksibel diberi nama dengan sebuah disket. Sebelum pertengahan era tahun 1980 dan Floppy Disk terus ditingkat menjadi 3.5 Inch lalu mengontrol pada sepanjang era tahun 90 an. Pada tahun 1971 IBM mempersembahkan memory disk pertama, yang lalu terkenal dengan Floppy Disk. Floppy yang pertama adalah disk plastik yang dilapisi besi magnetik oksida, data ditulis dan dibaca dari permukaan disk. Nama Floppy diambil sebab sifatnay yang fleksibel.

BACA JUGA : Pengertian Fungsi VGA Beserta Jenisnya

Pengertian Fungsi VGA Beserta Jenisnya

Pengertian Fungsi VGA Beserta Jenisnya – Video Grapics Array aalah salah satu komponen penting pada komputer untuk menyajikan informasi yang bagus. VGA juga disebut dengan video video card, display adapter atau grapics adapter. Untuk pada games, designer grapics, video editor, memakai VGA yang berkualitas tinggi adalh suatu keharusan, agar memperoleh pengalaman dan hasil yang bagus. Kalian dapat memakai komuter untuk mengedit video membuat animasi, mendesain 2D, 3D dan sejenisnya.

Pengertian VGA

Video Grapics Array adalah standar grafis terbaru yang pertama kali dikembangkan oleh IBM untuk kartu grafis komputer. VGA juga dikenal dengan antarmuka monitor atau tampilan standar yang dipakai sebagian besar PC. VGA diperkenalkan sejak tahun 1987 dengan lini komputer IBM PS/2. Standar tampilan VGA sampai saat ini diikuti oleh mayoritas produsen dan kartu grafis komputer. VGA pada umumnya disebut sebagai grafics card, video adapter, grapic adapter dan display card. Pertama kalinya VGA didistribusikan untuk resolusi layar 640 x 480 pixels. Berikutnya banyak peningkatan standar mulai diperkenalkan. Standar VGA mulai digantikan oleh SVGA, meskipun kabel dan konektor masih disebut dengan VGA , namun secara teknik ini termasuk SVGA. Dengan super VGA akan memastikan resolusi layar lebih besar dari sebelumnya, ialah 800 x 600 atau 1024 x 768 pixels.

Fungsi VGA

Pada umunya kart VGA bergunan untuk mengkonversi sinyal digital dari output komputer menjadi tampialan grafis pada monitor. Contohnya untuk pekerjaan desain grafis atau bermain videio game, maka akan dilakukan kartu dengan grafis yang berdaya tinggi. Fungsinya berfokus pada tujuan untuk menangani kebutuhan grafis supaya memiki hasil yang bagus dan berkualitas. Membantu video game menjadi lebih baik. Membuat tampilan layar menjadi lebih jelas dan tajam sampai terlihat realistis., Mengkonversikan gambar menjadi output komputer ke monitor.

Jenis Jenis VGA Card

Peningkatan VGA Card sangat pesat, apalagi dipicu dari banyaknya kebutuhan pengguna komputer dalam dunia grafis 3D, dan sejenisnya. Akhir dari produsen meriis banyak tipe dan varian kartu grafis dari zaman ke zaman. Berikut inilah dia.

  • AMD Radeon Series
  • Series ATI RADEON Series
  • NVDIA GeForce Series
  • NDVIA NV4
  • NVDIA NV3
  • ATI 3D RAGE
  • S3 VIRGE

Daftar 5 Drummer Terbaik di Indonesia

Daftar 5 Drummer Terbaik di Indonesia – Dalam komposisi musik, tabuhan drum menjadi elemen yang penting dalam mengiringi lagu yang dibawakan oleh sebuah band. Drum menjadi alat musik yang bisa mengiringi dan mengisi lagu menjadi lebih hidup rtp live dan meriah dinyanyikan oleh sebuah band. Bukannya mudah memainkan alat musik yang satu ini, karena butuh kegesitan dan kelancaran dalam menciptakan bunyi tabuhan yang dipuku, Tapi untuk band indonesia sebuah prestasi dengan mempunyai para drummer terbaik yang diakui oleh rolling stone. Berikut inilah daftar drummer terbaik di indoenesia.

1. Andyan Gorust

Andyan Nasary Suryadi atau selalu dipanggil dengan Andyan Gorust adalah seorang drumer dari band DeadSquad dan Hellcrust. Andyan dikenal sangat fasih merentetkan pukulan dibelakang set drum double bass dengan cepat. Andryan juga dikenal mempunyai teknik metal yang tinggi seperti Hyperbleasting. 5 album yang ia hasilkan dalam waktu 9 tahun bersama siksakubur. dan 1 album bersama Deadsquad menjadi hal yang sangat dibanggakan.

2. Gilang Ramadhan

Gilang Ramadhan adalah seorang drummer senior indonesia. Gilang Ramadhan dilahirkan di Bandung 30 Mei 1996, Gilang Ramadhan adalah drummer yang disponsori oleh Zildjian ialah perusahaan symbal drum dari USA sejak tahun 1992 hingga saat ini. Tidak hanya itu Gilang juga di sponsori oleh perusahaan drum jepang ialah Yamaha.

3. Andris

Abdul Kandris atau selalu disapa dengan Abah Andris adalah seorang drummer dari band Burgerkill. Andris sering disebut sebagai multi instrumentalis juga relevan sebab ia sempat menjadi gitaris Sese Live untuk band Goth Metal Bandung Restless. Andris dikenal mempunyai keahlian skill yang tinggi dan tempo yang teratur dalam musik metal.

4. Aditya Wibowo

Aditya Wibowo selalu disapa Bowie adalah drummer Gugun Blues Shelter. Bowie adalah salah satu drummer terbaik  yang dimiliki indonesia sebab mempunyai skill tinggi dalam bermusik. Keahlian ini bisa terlihat dari hentakan irama drum di dalam lagu Gugun Blues Shelter.

5. Eno Gitara Ryanto

Eno Gitara Ryanto adalah seorang drummer dari band NETRAL. Drummer yang satu ini mempunyai penampilan modis rambut mohawk dan terkenal dengan aksi panggung yang sangat enerjik.

BACA JUGA : Daftar 4 Gitar Gitaris Termahal di Dunia

Daftar 4 Gitar Gitaris Termahal di Dunia

Daftar 4 Gitar Gitaris Termahal di Dunia – Gitar menjadi salah satu instrumen musik yang harus dimainkan dalam pertunjukan musik klasik atau modern. Alat musik yang berdawai ini bisa menhasiilkan nada item dan melodi untuk mengiringi lagu dan vokal seseorang. Di pasaran harga sebuah gitar sangat bervariasi, mulai dari ratusan ribu sampai di atas puluhan juta rupiah. Varian harga gitar ini tergantung beberapa faktor, seperti jenis gitar, bahan gitar, model dan merk, sampai fitur fitur yang disematkan.

Sebuah gitar ternyata bisa mencatatkan diri dalam sejarah dunia. Hal ini tidak terlepas dari kisah atau sang pemiliknya. Oleh sebab itu, sebuah gitar bersejarah ternyata dapat mempunyai nilai jual tinggi setara dengan harga berlipat mobil mewah. Berikut inilah daftar gitar termahal di dunia.

1. Gitar Fender Stratocaster

Gitar dengan harga tinggi ini adalh gitar yang dimiliki oleh Jimi Henderix. Ia adalah gitaris genius dan profesioal yang sudah mendunia. Stratocaster 1968 yang merupakan nama gitar adalah salah satu item yang dianggap sebagai permata di dunia musik, Gitar ini dibandrol senilai 2 juta$

2. Gitar Reach Out to Asia Fender Stratocaster.

Walaupun gitar ini bukan dimiliki seorang musisi legendaris, terdapat kisah menarik di baliknya, Sejak tahun 2005, pemerintah Qatar sudah membeli gitar dan meminta para legenda musik terkenal di dunia untuk membubuhkan tanda tangan pada body gitar ini. Harga gitar ini di bandrol dengan 2,7 juta$.

3. Gitar Washburn 22 Series Hawk

Biasnaya musis terkenal di dunia mempunyai koleksi gitar dalam jumlah banyak. Tapi saat masih hidup dan memproduksi musik reggae, Bob marley cuma mempunyai 7 gitar. Saat dia meninggal, pemerintah jamaika menyaratakan sebagian besar barangnya menjadi aset negara. termasuk gitar washburn 22 series Hawk, Harga gitar ini dibandrol seharga $2 juta dollar.

4. Gitar Gibson 1962 J – 160E

Gitar akustik ini merupakan salah satu dari sepasang gitar identik yang dibeli ketika saat yang sama oleh John Lennon dan George Harrison sejak tahun 1962. Gitar ini sebelumnya sudah dianggap hilang ketika The Beatles manggung di beberapa lokasi sejak tahun 1963. Tapi ditemukan kembali lebih dari 50 tahun kemudian sesudah si pemilik pada saat itu mengakui keidentikan antara gitarnya dan milik John Lennons. Gitar ini dibandrol seharga $2,4 juta.

Daftar 5 Alat Musik Tradisional Kalimantan Barat

Daftar 5 Alat Musik Tradisional Kalimantan Barat – Merupakan provinsi yang beribu kota pontianak dan letaknya di pulau kalimantan indonesia. Provinsi ini ditinggali oleh beberapa suku, khusunya suku dayak, pastnya masing masing suku itu akan meninggalkan kebudayaan yang berbeda beda, salah satuya adalah alat musik tradisional Kalimantan Barat. Provinsi tersebut memiiki beberapa macam kebudayaan yang sampai saat ini masih dijaga dan lestarikan, salah satunya ialah alat musik tradisional. Alat musik tradisioanl kaliamantan barat ini biasanya akan dipakai sebagai pengiring dari tarian tradisioanal dan juga dipakai sebagai hiburan dan ritual yang masih berhubungan dengan mistis. Tidak usah banyak cengcong berikut inilah alat musik traadisional Kalimantan Barat.

1. Kohotong

Kohotong adalah alat musik tradisioanl kalimantan barat yang dimainkan dengan cara ditiup. Dimana cara memainkan alat musik ini juga sama seperti cara memainkan alat musik seruling yang berasal dari pulau Jawa. Perbedaan alat musik kohotong dengan seruling letaknya pada bentuknya. Dimana kohotong memiliki ujung yang lebih besar dari batangnya dan memiliki bentuk seperti setengah bola. Alat musik kohotong terbuat dari bahan marial kayu.

2. Agukng

Agukng atau gon adalah alat musik tradisional Kalimantan Barat yang bisa kita temuka dengan mudah disemua kelompok Dayak. Dan juga konon katanya alat musik diturunkan langsung dengan cara langsung oleh para dewa dari kayangan yang dipakai sebagai pengiring upacara. Ada juga yang dipercaya jika alat musik ini dapat mengusir roh jahat dan dapat memanggil roh dari pada leluhur atau makhluk ghaib lainnya.

3. Hadrah

Hadrah adalah alat musik tradisional kaliamantan Barat yang merupakan hasil gabungan dari budaya masyarakat lokal dengan budaya islam. Diman alat musik ini terbiat dengan mamakai bahan dasar kayu dan ada lubang pada bagian tengahnya. Bagian tengah yang sudah dilapisi dengan memakai kulit binatang.

4. Kurating

Kurating adalah alat musik tradisional Kalimantan Barat yang berupa alat musik petik banyak dipakai di provinsi di Kalimantan Barat. Alat musik balikan ini adalah alat musik asli buatand ari masyarakat lokal suku dayak yang tinggal di wilayah kapuas hulu, sebab alat musik ini sangat unik dan istimewa, jadi kurating sudah menjadi ikon alat musik di wilayah Kalimantan Barat.

5. Keledik

Keledik adalah alat musik tradisional Kalimantan Barat adalah jenis alat musik tiup dan terbuat dari bahan buah labu, bambu dan juga perekat dari sarang kelulut atau lebah hutan. Biasanya labu yang dipakai adalah labu yang sudah berumur tua atau sekitar 5 atau 6 bulan. Labu tersebut akan dikeluarkan isinya dan lalu akan direndam selama sebulan dan pastinya akan dikeringkan.

BACA JUGA : Daftar 5 Alat Musik Tradisional Kalimantan

Daftar 5 Alat Musik Tradisional Kalimantan

Daftar 5 Alat Musik Tradisional Kalimantan – Kalimantan selatan adalah provinsi yang ibu kotanya adalah banjarmasin, dimana provinsi ini memiliki penduduk asli yang berasal dari Suku Banjar. Suku banjar memiliki beragam budaya dari mulai kesenian, teraian, rumah, pakaian dan juga alat musik tradisional kalimantan selatan. Suku banjar adalah suku asal kalimantan selatan yang memiliki kebudayaan hasil pengaruh dari kepercayaan islam yang sudah dibawa oleh pedangang arab dan juga persia. Hal ini bisa dilihat dari beberapa macam peninggalan yang ada, salah satunya ialah alat musik tradisional kalimantan selatan. Berikut inilah dia.

1. Gamelan Banjar Keraton

Gamelan Banjar keraton adalah alat musik tradisioanal kaliamantan selatan yang biasa dipakai oleh kerajaan ketika dilaksanakan dengan cara tertentu, baik itu menyambut tamu yang berasal dari luar daerah atau cuma dapat dipakai sebagai bentuk hiburan untuk memperingati momen dari kerajaan. Tidak hanya itu, alat musik ini dapat dipakai untuk menyambut pasukan perang yang sudah selesai melaksanakan tugasnya dari medan perang.

2. Alat Musik Tradisioanal Panting

Panting adalah alat musik tradisional kaliamatan selatan yang begitu identik dengan Suku Banjar, Kalimantan Selatan. Alat musik panting ini memiliki jenis seperti gambus namun memiliki ukuran yang lebih kecil. Nama penting sendiri dari kata mementing jika diartikan ke dalam bahas banjar memiliki arti memetik, Pada awalnya alat musik panting akan dimainakn dengan solo atau perorangan.

Namun, sebab zaman terus berkembang, maka alat musik ini dimainak dengan cara bersamaan dengan beberapa macam alat musik lainnya, seperti babun, gong dan juga biola.

3.  Gamelan Banjar Kerakyatan

Gamelan banjar kerakyatan adalah alat musik kalimantan selatan yang biasa dipakai oleh rakyat asli dari kaliamantan selatan. Biasanya masyarakat akan berbondong bondong untuk menyaksikan pertunjukan gamelan ini.

4. Gamelan Tradisional Banjar

Gamelan banjar adalah salah satu musik tradisional kaliamtan selatan yang biasanya dipakai untuk seni karawitan dengan memakai peralatan gamelan. Alat musik gamelan banjar ini berkembang dikalangan suku banjar yang ada di kalimantan selatan. Alat musik tersebut akan dijadikan sebagai pengiring tari klasik banjar.

5. Serunai Banjar

Serunai banjar adalah alat musik tradisional kalimantan selatan yang sudah jarang ditemui. Dimana alat musik serunai ini termasuk dalam tiup seperti terompet dengan bentuk yang berbeda. Alat musik ini biasanya akan dimainkan dengan cara di tiup dan akan dimainakan pada saat pentas seni bekantau atau seni bela diri silat dari suku banjar. Alat musik ini memiliki lidah ganda yang dibuat dengan memakai daun kelapa kering.